PERBEDAAN EFEKTIVITAS PRAKTIKUM FISIKA SMA DENGAN METODE DEMONSTRASI BERBASIS VIDEO DAN LKS DITINJAU DARI SIKAP SISWA

  • Shahnaz Nadia Universitas Negeri Jakarta, Jl Pemuda10 Rawamangun, Jakarta Timur 13220, Indonesia.
  • Sunaryo Sunaryo Universitas Negeri Jakarta, Jl Pemuda10 Rawamangun, Jakarta Timur 13220, Indonesia.
  • Bambang Heru Iswanto Universitas Negeri Jakarta, Jl Pemuda10 Rawamangun, Jakarta Timur 13220, Indonesia.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi apakah terdapat perbedaan: (1) efektivitas praktikum fisika antara metode demonstrasi berbasis video dan LKS, (2) interaksi antara penggunaan video dan sikap siswa terhadap efektivitas praktikum fisika di sekolah, (3) efektivitas praktikum fisika antara siswa yang sikapnya positif dengan menggunakan video dan LKS, (4) efektivitas praktikum fisika antara siswa yang sikapnya negatif dengan menggunakan video dan LKS. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Labschool Rawamangun tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan kelas penelitian berdasarkan teknik purposive sampling dan penelitian dilakukan pada bulan April-Mei 2014. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif kuantitatif, ANOVA dua jalur dan dilanjutkan dengan Uji Tuckey untuk menguji hipotesis mengenai efek sederhana (simple effect).

Berdasarkan hasil analisis, ditemukan hasil sebagai berikut: pertama, terdapat perbedaan efektivitas praktikum fisika siswa antara siswa yang diberikan video dan LKS sebelum praktikum (Fhitung = 5,92 lebih besar dari Ftabel = 4,08). Kedua, terdapat pengaruh interaksi antara metode demonstrasi berbasis video dan sikap siswa terhadap efektivitas praktikum fisika (Fhitung = 4,53 lebih besar dari Ftabel = 4,08). Ketiga, efektivitas praktikum fisika siswa yang memiliki sikap positif dan diberikan video tidak memiliki perbedaan dari efektivitas praktikum fisika siswa yang memiliki sikap positif dan diberikan LKS sebelum praktikum fisika (Qhitung = 0,256 < Qtabel = 3,79). Keempat, efektivitas praktikum fisika siswa yang memiliki sikap negatif dan diberikan video sebelum praktikum lebih tinggi daripada efektivitas praktikum fisika siswa yang memiliki sikap negatif dan diberikan LKS sebelum praktikum fisika (Qhitung = 3,82 > Qtabel = 3,79).

Kata kunci: metode demonstrasi, video, LKS,  sikap siswa dan efektivitas praktikum fisika.

 

Published
2014-10-30
How to Cite
Nadia, S., Sunaryo, S., & Iswanto, B. H. (2014). PERBEDAAN EFEKTIVITAS PRAKTIKUM FISIKA SMA DENGAN METODE DEMONSTRASI BERBASIS VIDEO DAN LKS DITINJAU DARI SIKAP SISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 3, 219 - 224. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5510