INOVASI PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DIMENSI BELAJAR WAHANA PENGEMBANGAN PEMAHAMAN FISIKA SECARA MENDALAM

  • I Wayan Santyasa Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Undiksha

Abstract

Belajar fisika merupakan pemaknaan mengenai tiga hal pokok, yaitu (1) hakikat konsepsi, prinsip, hukum, dan teori fisika melalui aktivitas metakognisi, (2) proses-proses ilmiah melalui aktivitas praktik, dan (3) nilai dan/atau sikap ilmiah melalui aktivitas kolaborasi, sosialisasi, dan spiritualisasi. Pemaknaan tersebut merupakan proses yang tidak sekali jadi, tetapi selalu mengalami proses penyempurnaan dan perluasan. Untuk mencapai tujuan tersebut, dimensi belajar menjadi alternatif landasan pembelajaran, yang mencakup: (1) sikap dan persepsi positif terhadap belajar, (2) perolehan dan pengintegrasian pengetahuan baru, (3) perluasan dan penyempurnaan pengetahuan, (4) penggunaan pengetahuan secara bermakna, dan (5) pembiasakan berpikir efektif dan produktif. Lima dimensi belajar tersebut merupakan wahana bagi peserta didik untuk berubah konsepsi secara optimal dalam rangka membangun pemahaman fisika secara mendalam melalui olah pikir, rasa, dan raga dalam belajar fisika yang semuanya bersumber dari dorongan hati yang paling dalam yang akhirnya bermuara pada kerendahan hati. Landasan dimensi belajar tersebut perlu dijadikan pijakan oleh para guru fisika dalam mengembangkan fasilitas belajar yang mampu mengusik hati peserta didik untuk lebih bertanggung jawab terhadap belajarnya. Sikap bertanggung jawab merupakan salah satu kompetensi yang potensial dalam membangun kompetensi-kompetensi berpikir kreatif-produktif, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, belajar bagaimana belajar, kolaborasi, pengelolaan dan/atau pengendalian diri. Kompetensi-komepetensi tersebut mutlak diperlukan oleh peserta didik agar mampu menjadi manusia yang adatable, flexible, dan versatil dalam segala aspek kehidupan yang senantiasa berubah.

Kata kunci: Inovasi; pembelajaran fisika; metakognisi; dimensi belajar; pemahaman.

Published
2012-10-30
How to Cite
Santyasa, I. W. (2012). INOVASI PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS DIMENSI BELAJAR WAHANA PENGEMBANGAN PEMAHAMAN FISIKA SECARA MENDALAM. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 1(1), 1 - 13. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/6140