PENGEMBANGAN MEDIA POHON BERSUARA BERBASIS MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA SDN DI TRENGGALEK

  • Wahyuni Fajar Arum Prodi D3 Aeronautika, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta, Jl Parangtritis KM 4.5 Yogyakarta
  • Aditya Dewantari Prodi D4 Manajemen Transportasi Udara, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta, Jl Parangtritis KM 4.5 Yogyakarta

Abstract

Abstrak

Pada proses pembelajaran terdapat beberapa permasalahan terutama berkaitan dengan motivasi dan hasil belajar siswa ketika di kelas. Ketidaktertarikan siswa terutama pada mata pelajaran Fisika yang penuh dengan hafalan dan angka menyebabkan siswa menjadi cepat bosan karena metode daan media pembelajaran yang digunakan kurang menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui proses pembelajaran yang sebelumnya digunakan di Sekolah Dasar Negeri Trenggalek, 2) menjelaskan prosedur pengembangan media pembelajaran pohon bersuara menggunakan model pembelajaran Children Learning in Science serta 3) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (RnD). Pengembangan model pembelajaran dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Children Learning in Science. Validasi penggunaan media pembelajaran dilakukan di SDN 1 Ngembel Kelas V kemudian diimplementasikan ke SDN 2 Ngembel pada kelas V. Hasil penelitian dan pengembangan yaitu 1) proses pembelajaran di SDN Ngembel 1dan 2 masih menggunakan metode ceramah, 2) media pembelajaran pohon bersuara yang dikembangkan dengan model pembelajaran berbasis Children Learning in Science dilengkapi dengan metode eksperimen sehingga memudahkan siswa menyerap mata pelajaran Fisika, 3) prestasi belajar Fisika kelas V SDN 1 Ngembel dan SDN 2 Ngembel Trenggalek mengalami peningkatan rata-rata nilai 40%. Peningkatan nilai prestasi belajar dilihat dari nilai pretest dan post test.

Kata-kata kunci: media pembelajaran, pohon bersuara, CLIS, Fisika.

Abstract

In the learning process, there are some problems mainly related to motivation and student learning outcomes. Students feel uninterested in Physics because its full of memorization and numbers it makes students get bored quickly due to uninteresting learning method. The purpose of this research is 1) to know the learning process previously used in Trenggalek State Elementary School, 2) to explain the procedure of developing voice-learning tree media using Children Learning in Science model, 3) to know the improvement if student’s learning achievement because of the use of media. The method used in this research is Research and Development (RnD). The development of a learning model is done by using Children Learning in Science. Validation about this use of media had been done in SDN 1 Ngembel Class V then implemented to SDN 2 Ngembel in class V. The result of research are 1) learning process at SDN Ngembel 1 and 2 still using lecturing method, 2) voice learning tree media is developed with Children Learning in Science equipped with experimental method, thus students are enabled to learn Physics material, 3) Physics learning achievement at class V SDN 1 Ngembel and SDN 2 Ngembel Trenggalek experienced an average increase of 40%. The increase in the value of learning achievement is from the results of pretest and posttest.

Keywords: learning media, voice-learning tree, CLIS, Physics.

Published
2018-11-15