ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN SOAL KONVERSI SATUAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR DENGAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS

  • Regina Lichteria Panjaitan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kampus Sumedang, Universitas Pendidikan Indonesia, Jalan Mayor Abdurrahman 211, Sumedang 45322, Indonesia
  • Riana Irawati Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Kampus Sumedang, Universitas Pendidikan Indonesia, Jalan Mayor Abdurrahman 211, Sumedang 45322, Indonesia

Abstract

Abstrak

Pengukuran adalah salah satu materi yang paling dasar pada pembelajaran Fisika. Dalam pengukuran terdapat materi konversi satuan yang biasanya dikaitkan dengan perhitungan yang melibatkan matematika sederhana dengan contoh soal dari kehidupan sehari-hari. Dalam makalah ini dijabarkan hasil dari penelitian deskriptif tentang analisis kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan satu soal topik pengukuran yang berkaitan dengan konversi satuan. Kesalahan-kesalahan yang ditemukan dalam penelitian ini dikategorikan berdasarkan penggolongan kesalahan pada Newman’s Error Analysis (NEA), terutama pada bagian reading error, comprehension error, process skill error, dan encoding error. Analisis kesalahan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi para tenaga pengajar materi pengukuran untuk memberikan perhatian lebih detail pada bagian-bagian kesalahan peserta didik yang mungkin selama ini sering terabaikan.

Kata-kata kunci: analisis kesalahan, pengukuran, konversi satuan, Newman’s error analysis.

Abstract

Measurement is one of the primary topics in physics learning. In the topic of measurement, there is unit-conversion topic which usually involves pure mathematics with daily-life context problems. In this paper, the results of descriptive research about students’ error analysis in solving one problem about measurement related to the unit-conversion were elaborated. The errors found in this research were categorized based on Newman’s Error Analysis (NEA), especially for Reading Error, Comprehension Error, Process Skill Error, and Encoding Error. This error analysis was expected to act as input to the teachers who should teach about measurement so that they could be more aware of some details of students’ errors which all this time probably are often neglected. 

Keywords: error analysis, measurement, unit conversion, Newman’s error analysis.

Published
2018-11-15