HANDOUT BERBASIS ANDROID UNTUK PEMBELAJARAN USAHA DAN ENERGI DI SMA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

  • Cantika Dewi Mayangsari Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamagun Muka No. 1, Rawamangun, Jakarta Timur
  • Bambang Heru Iswanto Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamagun Muka No. 1, Rawamangun, Jakarta Timur
  • Dwi Susanti Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamagun Muka No. 1, Rawamangun, Jakarta Timur

Abstract

Abstrak

Model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) membutuhkan perangkat pembelajaran yang efektif dan efisien khususnya pada pembelajaran usaha dan energi di SMA. Salah satu perangkat yang dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran dan banyak digunakan yaitu smartphone berbasis Android. Penelitian ini difokuskan pada pengembangan handout berbasis Android sebagai bahan ajar usaha dan energi di SMA untuk mendukung pembelajaran berbasis masalah. Aplikasi Android dikembangkan dengan fitur-fitur utama yang meliputi navigasi penyajian dinamik, media pendukung seperti konten materi, video pembelajaran dan peta konsep, serta perangkat penilaian pembelajaran interaktif. Handout berbasis Android dikembangkan sesuai model pembelajaran berbasis masalah untuk melatih siswa belajar aktif secara mandiri menemukan sesuatu, memecahkan masalah, dan mengembangkan pengetahuan yang mereka miliki. Berdasarkan hasil uji kelayakan yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan antara lain sebagai media alternatif dalam penguatan pemahaman konsep, pembelajaran fisika secara mandiri, evaluasi diri terhadap penguasaan fisika, dan memfasilitasi pembelajaran aktif di luar kelas.

Kata-kata kunci: handout berbasis Android, usaha dan energi, problem based learning.

Abstract

Problem-based learning model requires effective and efficient learning tools especially on work and energy learning in high school. One of the devices that can be developed as a learning media and widely used is the Android-based smartphone. This research is focused on the development of Android-based handouts as a teaching material of work and energy in high school to support problem-based learning. The Android app is developed with key features that include dynamic presentation navigation, supporting media such as material content, learning videos and concept maps, as well as interactive learning assessment tools. Android-based handouts are developed according to a problem-based learning model to train students to learn actively to find something, solve problems, and develop the knowledge they have. Based on the results of feasibility tests that have been done, showing the media developed feasible to be used, among others, as an alternative media in strengthening conceptual understanding, physics learning independently, self-evaluation of physical mastery, and facilitate active learning outside the classroom.

Keywords: Android-based handouts, work and energy, problem-based learning.

Published
2018-11-16