PENGEMBANGAN E-MODULE MATERI DINAMIKA ROTASI DENGAN PENDEKATAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

  • Salsa Billa Yuke Islami Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta
  • Cecep E. Rustana Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta
  • Raihanati Raihanati Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan media pembelajaran modul elektronik (E-modulee) dengan pendekatan Collaborative Problem Solving (CPS) yang layak untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi dinamika rotasi. Analisis kebutuhan berdasarkan studi literatur mendapatkan fakta bahwa lebih dari 50% siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah kesetimbangan dan dinamika rotasi sehingga strategi yang digunakan untuk mengajarkan materi tersebut harus difokuskan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini dilaksanakan terhadap siswa kelas XI MIPA B SMAN 105 Jakarta pada bulan Maret sampai Juli 2018 menggunakan desain pengembangan model Dick and Carey. Hasil analisis uji kelayakan terhadap e-module oleh ahli materi memperoleh prosentase 78,18%, oleh ahli media mendapatkan 76,84%, dan ahli pembelajaran sebesar 81,43%. Sedangkan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah menggunakan desain One Group Pre Test-Post Test dan memperoleh nilai gain sebesar 0,50 sehingga menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dengan taraf sedang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat menghasilkan e-modulee dengan pendekatan Collaborative Problem Solving yang layak pada materi dinamika rotasi dan dapat membantu meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah siswa.

Kata-kata kunci: E-modulee, Dick & Carey, CPS, dinamika rotasi, kemampuan pemecahan masalah

Abstract

This research was conducted to develop a learning media, electronic module (e-module) using Collaborative Problem Solving (CPS) approach that is eligible to upgrade students' problem-solving competency in the Rotational Dynamics subject. Needs analysis based on the study of the literature showed up that more than 50% of students having difficulty in resolving the problem of equilibrium and rotational dynamics so that in order to overcome this, the strategies used to teach the rotational dynamics subject should be focused to improve the problem-solving competency of students. This research was carried out against the students of Class XI of Science B SMAN 105 Jakarta in March to July 2018 using the design of the development model of the Dick and Carey. Feasibility test analysis results against e-module by material gain percentage 78.18%, by media expert get 76.84% of the learning and expert of 81.43%.As for measuring the ability of problem-solving using design One Group Pre Test – Post Test and obtained the value of the gain of 0.50, so that shows that an increase in medium level. So it can be concluded that this research can generate e-module approach Collaborative Problem Solving that's worth on material dynamics of rotation and can help improve problem-solving Abilities of students.

Keywords: E-module, Dick and Carey, CPS, Rotational Dynamics, problem-solving competency

Published
2018-11-16