MODUL YANG DILENGKAPI DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY: CARA MUDAH BELAJAR FISIKA UNTUK KONSEP DAN FENOMENA KUANTUM DI SMA KELAS XII

  • Shelma Nur Chaeranti Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka 13320
  • Fauzi Bakri Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka 13320
  • A. Handjoko Permana Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka 13320

Abstract

Abstrak

Salah satu kesulitan peserta didik dalam mempelajari konsep Fisika adalah materinya yang bersifat abstrak seperti konsep dan fenomena kuantum. Penelitian ini difokuskan untuk menghasilkan modul yang dilengkapi media 3D dengan teknologi Augmented Reality bernama AR Quantum untuk konsep dan fenomena kuantum di SMA kelas XII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan model Dick dan Carey. Modul yang dikembangkan menerapkan model Discovery Learning yang terdiri dari enam tahapan. AR Quantum digunakan sebagai penunjang untuk menampilkan beberapa objek yang sulit untuk dipahami secara 2D. AR Quantum menggunakan objek 2D dalam modul sebagai marker yang akan dipindai dengan kamera smartphone untuk menampilkan objek 3D. Modul yang dilengkapi dengan teknologi Augmented Reality dapat mengemas konsep dan fenomena kuantum yang abstrak menjadi nyata dan mudah dipahami oleh peserta didik. AR Quantum telah diuji kecepatannya untuk menampilkan model dan diperoleh rentang waktu untuk 3D muncul sebesar 0,62 - 1,62 s untuk variabel jarak, 0,97 s untuk intensitas cahaya yang sedang dan tidak muncul untuk intensitas terlalu tinggi dan terlalu rendah serta rentang waktu berdasarkan variabel rating marker sebesar 0,44 s - 1,10 s.

Kata-kata kunci: 3D, Augmented Reality, Discovery Learning, Modul, AR Quantum

Abstract

One of the students' difficulties in learning the concept of physics is an abstract material such as concepts and quantum phenomena. This research focuses on producing 3D media-equipped modules with Augmented Reality technology named AR Quantum for quantum concepts and phenomena in the class XII Senior High School. The research method used is development research method with Dick and Carey model. The module that is developed in this research applies the Discovery Learning model, consists of six stages. AR Quantum is used as a support for displaying some objects that are difficult to understand in 2D. AR Quantum uses a 2D object in the module as a marker to be scanned with a smartphone camera to display 3D objects. Modules equipped with Augmented Reality technology can deliver abstract quantum concepts and phenomena into real and easily understood by students. AR Quantum has been tested for its speed to display the model and obtained the time for 3D to appears in range 0,62 – 1,62 seconds for distance variable, 0,97 seconds for moderate light intensity dan did not appear for too high and too low intensity, and time range based on the marker rating variable in 0,44 – 1,10 seconds.

Keywords: 3D, Augmented Reality, Discovery Learning, Module, AR Quantum

References

Badan Pusat Statistika, "Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi Edisi 82," Badan Pusat Statistika, Jakarta, 2017.

Cynthia Luna Scott, "The Future of Learning 2: What Kind of Learning for The 21st Century?," UNESCO Education Research Foresight Working Papers Series, no. 14, pp. 1-14, November 2015.

Direktorat Pembinaan SMA, Implementasi Pengembangan Kecakapan Abad 21 Dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud, 2017.

John D. Cutnell and Kenneth W. Johnson, Physics Nineth Edition. USA: John Wiley & Sons, Inc., 2012.

Puspendik. (2017) Puspendik Web Site. [Online]. HYPERLINK "https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/" https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/

Ida Kaniawati and Taufik Ramlan Ramalis, "Analisis Peta Kompetensi Hasil Ujian Nasional dan Model Pengembangan Mutu Pendidikan SMA di Jawa Barat: Survey di Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya," Jurnal Pengajaran MIPA, pp. 77-85, 2012.

Fitria Rahmawati. (2013, Dec.) Repository UNEJ Web Site. [Online]. HYPERLINK "http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11113" http://repository.unej.ac.-id/handle/123456789/11113

Philips Nicolas Gunawidjaja and Risti Suryantari, "Pengajaran Materi Fisika Modern untuk Mahasiswa Fisika," Research Report - Engineering Science , vol. I, pp. 1-18, 2012. [Online]. HYPERLINK "http://journal.unpar.ac.id/index.php/rekayasa/article/-view/137/123" http://journal.unpar.ac.id/index.php/rekayasa/article/view/137/123

Nurul Imiati, Endang Purwaningsih, and Sulur, "Telaah Bahan Ajar Materi Gelombang dan Penyebab Kesulitan-kesulitan Siswa Memahaminya," in Seminar Nasional Jurusan Fisika FMIPA UM, Malang, 2016, pp. 27-36.

Ardiana Hanatan, Pujayanto, and Yohanes Radiyono, "Analisis Miskonsepsi Termodinamika Pada Buku Ajar Fisika SMA," in Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Volume 5 Nomor 1, Surakarta, 2014, pp. 151-157.

Matsun, Dwi Fajar Saputri, and Triyanta, "Analisis Miskonsepsi dan Tingkat Keterbacaan Buku Ajar Fisika SMA Kelas XII Pada Materi Listrik Statis," Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains Vol.5 No. 2, pp. 227-236, 2016.

Kemendikbud, Permendikbud No. 65 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

Tony Mullen, Prototyping Augmented Reality. Canada: John Wiley & Sons, Inc., 2011.

M. Julee Tanner, "Digital vs. Print: Reading Comprehension and the Future of the Book," School of Information Student Research Journal Vol. 4 Issue 2, pp. 1-12, 2014.

S. Trisnaa and A. Rahmi, “Validitas Modul Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry pada Materi Fluida di STKIP PGRI Sumatera Barat”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 9 - 14, Jun. 2016.

F. Bakri, B. Z. Siahaan, and A. H. Permana, “Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Professional”, jpppf, vol. 2, no. 2, pp. 113 - 118, Dec. 2016.

U. R. Fitri, D. Desnita, and E. Handoko, “Pengembangan Modul Berbasis Discovery-Inquiry untuk Fisika SMA Kelas XII Semester 2”, jpppf, vol. 1, no. 1, pp. 47 - 54, Jun. 2015.

F. Bakri, R. Rasyid, and R. D. A. Mulyaningsih, “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Visual untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 67 - 74, Dec. 2015.

U. Usmeldi, “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Riset dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 1 - 8, Jun. 2016.

N. Nurhayati and B. Boisandi, “Penggunaan Modul Berbasis Konstruktivis pada Mata Kuliah Fisika Kuantum untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep ditinjau dari Kemampuan Matematik Mahasiswa”, jpppf, vol. 1, no. 2, pp. 33 - 38, Dec. 2015.

D. Ambarwulan and D. Muliyati, “The Design of Augmented Reality Application as Learning Media Marker-Based for Android Smartphone”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 73 - 80, Jun. 2016.

Bakri, Fauzi, Diah Ambarwulan, and Dewi Muliyati. "Pengembangan Buku Pembelajaran Yang Dilengkapi Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi Dan Optik." Gravity: Scientific Journal of Research and Learning Physics 4.2 (2018).

Muliyati, Dewi, Fauzi Bakri, and Diah Ambarwulan. "Aplikasi Android Modul Digital Fisika Berbasis Discovery Learning." WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 3.1 (2018): 74-79.

Budi, A., and D. Muliyati. "Discovering and understanding the vector field using simulation in android app." Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1013. No. 1. IOP Publishing, 2018.

Published
2018-11-16
How to Cite
Chaeranti, S. N., Bakri, F., & Permana, A. H. (2018). MODUL YANG DILENGKAPI DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY: CARA MUDAH BELAJAR FISIKA UNTUK KONSEP DAN FENOMENA KUANTUM DI SMA KELAS XII. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 7, SNF2018-PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2018.01.PE.16