PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MODEL DISCOVERY LEARNING MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK DENGAN VIDEO STOP MOTION

  • Litia Dita Mulyar Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, 13220
  • Vina Serevina Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, 13220
  • Agus Setyo Budi Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka, 13220

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berdasarkan pada penggunaan teknologi dalam pembelajaran kurikulum 2013 menggunakan modul elektronik dengan model discovery learning dengan video stop motion pada materi hukum Newton tentang gerak. Tujuan penelitian ini adalah membuat modul elektronik model discovery learning materi hukum Newton tentang gerak dengan video stop motion yang layak dijadikan media pembelajaran. Sebelumnya dilakukan analisis kebutuhan sebagai studi awal penelitian pengembangan. Dari 46 responden didapatkan hasil sebanyak 95.7% responden setuju dilakukannya penelitian ini dan 4.3% tidak setuju. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model ADDIE, dengan tahapan yaitu: 1) Analyze (Analisis), 2) Design (Perencanaan), 3) Develop (Pengembangan), 4) Implement (Penerapan), dan 5) Evaluate (Evaluasi). Penilaian instrumen angket uji validasi diinterpretasikan menggunakan Skala Likert. Hasil uji validasi oleh Ahli Materi didapatkan hasil 87.69% dengan kategori sangat layak. Hasil uji validasi oleh Ahli Pembelajaran didapatkan hasil 79.71% dengan kategori layak. Serta hasil uji validasi oleh Ahli Media didapatkan hasil 83.49% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji validasi oleh Ahli Materi, Ahli Pembelajaran, dan Ahli Media, dapat disimpulkan produk yang dikembangkan telah layak digunakan sebagai media pembelajaran materi hukum Newton tentang gerak untuk Kelas X SMA.

Kata-kata kunci: modul elektronik; video stop motion; Hukum Newton tentang gerak.

Abstract

The research is based on the use of technology in the 2013 curriculum by using electronic module of discovery learning model on Newton motion law with stop-motion video. The purpose of this research is to make the electronic module of discovery learning model on Newton motion law with stop-motion video which is feasible to be instructional media. Therefore, the needs analysis was done as a preliminary study of development research. From 46 respondents, 95.7% of respondents agreed to do this research and 4.3% disagree. The research method used is research and development by using ADDIE model, with the steps: 1) Analyze, 2) Design (Planning), 3) Develop, 4) Implementation and 5) Evaluation. Assessment of questionnaire validation test instrument is interpreted by using the Likert Scale. The results of the validation test by Material Expert obtained 87.69% results with a very decent category. The results of the validation test by Education Expert obtained 79.71% results with a decent category. The results of the validation test by Media Expert obtained 83.49% results with a very decent category. Based on the results of validation test by Material Expert, Education Expert, and Media Expert, it can be concluded that the developed product has been feasible to be used as a Newton motion law instructional media for the 10th grade of Senior High School.

Keywords: electronic module, stop motion video, Newton motion law.

Published
2018-11-16