PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL UNTUK MATERI GETARAN HARMONIK DI SMA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB

  • Devi Suhartati Wulandari Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1 Rawamangun, Jakarta Timur
  • Anggara Budi Susila Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1 Rawamangun, Jakarta Timur
  • Bambang Heru Iswanto Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1 Rawamangun, Jakarta Timur

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video tutorial berbasis web untuk materi Getaran Harmonik di SMA yang layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri di SMA. Penelitian dilaksanakan di kampus A UNJ Laboratorium Pengembangan Media Pembelajaran Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Jakarta. Kemudian Produk penelitian ini diuji lapangan di SMAN 31 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan mengacu pada model pengembangan Dick and Lou Carey. Tahapan dalam penelitian pengembangan ini, yaitu: 1) analisis kebutuhan, 2) pengembangan media pembelajaran, 3) uji validasi produk, dan 4) uji coba siswa SMA. Setelah dilakukan tahapan analisis kebutuhan dan pengembangan media, kemudian media pembelajaran yang sudah dikembangkan melewati uji validasi produk. Media diuji kelayakannya oleh para ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran. Berdasarkan uji kelayakan oleh para ahli, didapatkan penilaian oleh ahli media sebesar 78%,  ahli materi sebesar 86% dan ahli pembelajaran 83%. Dari hasil yang didapatkan menunjukan bahwa pengembangan media pembelajaran video tutorial berbasis web pada komponen media termasuk dalam kategori baik, komponen materi termasuk dalam kategori sangat baik dan komponen pembelajaran dalam kategori sangat baik. Dengan demikian Pengembangan Video Tutorial Untuk Materi Getaran Harmonik di SMA Sebagai Media Pembelajaran  Berbasis Web dapat digunakan untuk memfasilitasi dan membantu siswa  belajar secara mandiri.

Kata-kata kunci: PenelitiandanPengembangan, Video Tutorial, GetaranHarmonik, Berbasis Web.

Abstract

This study aims to develop web-based video tutorial media for Harmonic Vibration material in SMA that is suitable for use as an independent learning media in SMA. The study was conducted on the campus of A UNJ Learning Media Development Laboratory of Physics Education Program of the State University of Jakarta. Then the product of this research will be field tested at SMAN 31 Jakarta. The research method used is research and development method about the development model designed by Walker Dick and Lou Carey. Stages in this research development, namely: 1) needs analysis, 2) development of instructional media, 3) product validation test, and 4) high school student test. After done the stages of needs analysis and media development, then the learning media that has been developed through product validation test. Media tested its feasibility by experts, i.e., media experts and material experts. Based on the feasibility test by the experts, obtained the judgment by the media experts by 77%, material experts by 86% and learning experts were 83%. From the results obtained showed that the development of web-based video tutorial learning media on media components included in the excellent category, the material component included in the excellent category and the learning component in the excellent. Thus Development of Video Tutorials For Harmonic Vibration Materials in SMA As Web-Based Learning Media can be declared eligible to be used as a student learning media independently.

Keywords : Research and Development, Video Tutorials, Harmonic Vibrations, Web Based learning.

 

Published
2018-11-16