PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MODEL DRILL AND PRACTICE MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

  • Saprudin Saprudin Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun
  • Fatma Hamid Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendesain multimedia interaktif (MMI) model drill and practice materi fluida dinamis serta menyelidiki efektivitasnya dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA khususnya pada materi fluida dinamis. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain randomized control group pretest-posttest design yang melibatkan siswa kelas XI pada salah satu Sekolah Menengah Atas di Kota Ternate. Data dikumpulkan melalui tes dalam bentuk soal pilihan ganda terkait materi fluida dinamis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan MMI model drill and practice secara signifikan efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi fluida dinamis. Penelusuran lebih lanjut menunjukkan bahwa MMI model drill and practice lebih efektif jika digunakan dalam pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran tertentu dalam hal ini model pembelajaran kooperatif TPS (Think Pair Share).

Kata-kata kunci: Multimedia Interaktif, Model Drill and Practice, Penguasaan konsep

Abstract

This research aims to design interactive multimedia (MMI) with drill and practice model and investigate its’ effectiveness to increasing students’ concept mastery on the topic of fluid dynamics. This experimental research was used randomized control group pretest-posttest design that involving 11th-grade students at one of high school in Ternate city. Data were collected through tests in the form of multiple choice questions related to fluid dynamics concept. Further investigation indicates that MMI is more effective when used in learning that implements a particular model as in this case on Think Pair Share (TPS) cooperative learning.

Keywords: Interactive multimedia, Drill and practice model, Concept mastery

Published
2018-11-16