KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMAN 6 KITA BENGKULU DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN BERBANTUAN MEDIA ANIMASI

  • Andik Puwanto Program Studi Pendidikan Fisika FKIPUniversitas Bengkulu
  • Sri Wahyuni Program Studi Pendidikan Fisika FKIPUniversitas Bengkulu

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran penemuan dengan berbantuan media animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMAN 6 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment. Sampel penelitian yang diambil menggunakan teknik sampling purposive yang sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas diperoleh kelas X MIPA C sebagai kelas eksperimen dan X MIPA D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Persyaratan uji normalitas dengan uji chi-kuadrat dan uji homogenitas dengan perbandingan varians terbesar dengan varians terkecil serta uji t separated varians. Hasil penelitian memperlihatkan skor kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda, yaitu thitung lebih besar dari ttabel (7,55 > 1,99) taraf signifikan (α=0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran penemuan dengan berbantuan media animasi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMAN 6 Kota Bengkulu.

Kata-kata kunci: Model Pembelajaran Penemuan, Media Animasi, dan Kemampuan Pemecahan Masalah.

Abstract

This study aims to examine the effect of learning model of discovery with the aid of animation media on student problem-solving skills in SMAN 6 Kota Bengkulu. This type of research is Quasi-Experiment. The samples taken using purposive sampling technique that has been tested for normality and homogeneity are obtained by class X MIPA C as experiment class and X MIPA D as control class. Data collection techniques use student problem-solving skills tests. Data analysis using descriptive and inferential analysis. Normality test requirements with chi-square test and homogeneity test with the most significant variance ratio with the smallest variance and t-test separated variance. The result of the research shows the score of the problem-solving ability of the students of the experimental class and the control class is different, that is tcount is bigger than ttable (7.55> 1.99) significant level (α = 0,05). Based on the results of this study it can be concluded that there is an effect of applying learning model of discovery with the aid of animation media to solving problems of students of SMAN 6 Kota Bengkulu.

Keywords: Discovery Learning Model, Media Animation, and Problem Solving Skills.

Published
2018-11-16