IMPLEMENTASI KURIKULUM MONTESSORI DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN DAN KREATIFITAS ANAK

  • Fajriyatul Islamiah Universitas Negeri Jakarta
  • Suharti Suharti Universitas Negeri Jakarta
  • Melisa Indah Firdausi Universitas Negeri Jakarta
  • Meilina Meilina Universitas Negeri Jakarta
  • Winarti Agustina Universitas Negeri Jakarta
Keywords: kurikulum montessori, kemandirian, kreatifitas, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini dilakukan melalui observasi dan wawancara mengenai
kurikulum montessori berbasis islam di Jakarta Selatan. Anak usia dini merupakan
golden age yang menentukan perkembangan pada tahap selanjutnya, sehingga rujukan
pendidikan yang didapat harus sesuai dengan karakteristik usianya. Data yang
didapatkan melalui penelitian menunjukkan bahwa anak-anak di Gita Islamic
Montessori School (GIMS) Jakarta Selatan lebih mandiri dalam kehidupan sehari-hari,
dikarenakan pendekatan montessori mempunyai kelas practical life yang mengajarkan
anak berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan kemandirian dan
keterampilan. Pendekatan ini pun mengasah kreatifitas anak dengan membiarkan anak
bebas memilih kegiatan pembelajaran dan bereksplorasi sesuai minat dan potensi
anak.

Published
2019-01-31