PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA LITERASI DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SEKOLAH DASAR

  • Asri Harfiyani Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pendidikan Karakter, Budaya Literasi, Pembelajaran Abad 21, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan dari pemaparan ini adalah untuk mengungkap secara detail tentang
bagaimana penerapan penguatan pendidikan karakter melalui budaya literasi dalam
konteks pembelajaran abad 21 di sekolah dasar. Penguatan pendidikan karakter
dilakukan dalam proses habituasi yang terkondisi di sekolah. Adapun implemntasi
budaya literasi secara praksis operasional dapat dilakukan seiring sejalan dengan
upaya penguatan pendidikan karakter itu sendiri. keduanya dikemas secara integratif
maupun kronologis dalam konteks pembelajaran abad 21. Konteks pembelajaran abad
21 sebagaimana dikenal dengan 4C’s memiliki 4 kompetensi yang harus dikuasai
siswa nantinya, antara lain: (1) komunikasi; (2) kolaborasi; (3) berpikir kritis dan
pemecahan masalah; (4) mencipta. Dengan adanya sinergisitas dalam upaya
penguatan pendidikan karakter melalui budaya literasi dalam konteks pembelajaran
abad 21 di sekolah dasar diharapkan dapat tercipta secara nyata generasi emas 2045
sebagaimana diharapkan. Dengan demikian, upaya untuk menciptakan generasi emas
2045 bukan lagi sebuah isapan jempol tetapi benar-benar nyata bahwa siswa-siswa ini
nantinya dapat bersaing dan berwawasan global namun tetap berkarakter kuat sebagai
jati diri bangsa dan negara Indonesia.

Published
2019-01-31