OPTIMALISASI BERPIKIR TINGKAT TINGGI MELALUI MODEL PROJECT CITIZEN DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN ABAD 21

  • Lia Wahyu Panuntun Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pembelajaran Abad 21, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Model Project Citizen

Abstract

Konteks pembelajaran abad 21 membawa pengaruh besar terhadap
pengembangan proses pembelajaran yang dikembangkan saat ini. Hal tersebut
berimplikasi pada pengembangan kurikulum yang dilaksanakan di mana 4C’s
(komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, mencipta)
menjadikannya salah satu rujukan terhadap bagaimana proses pembelajaran
dilaksanakan. Implementasi proses pembelajaran di sekolah dasar perlu dilaksanakan
secara efektif dan optimal agar ketercapaian keterampilan abad 21 dapat dikuasai
siswa secara optimal. Di samping itu, penguasaan kompetensi pembelajaran yang
ditargetkan dapat tercapai secara optimal dalam proses pembelajaran. Satu hal yang
memiliki relevansi dan sinergisitas terhadap pencapaian kompetensi belajar siswa
yaitu keterampilan berpikir tingkat tinggi. Konteks pembelajaran yang menantang
siswa dalam berpikir dan membuat keputusan membawa dampak positif terkait
pengembangan dan optimalisasi berpikir tingkat tingginya. Salah satu yang perlu
disiasati dalam mengoptimalisasi keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu dengan
menerapkan model pembelajaran yang relevan dan optimal dalam mengeksplorasi
kapasitas dan kapabilitas siswa dalam pembelajaran yang dilaksanakan. Model project
citizen merupakan model pembelajaran berbasis portofolio yang terdiri atas 6 (enam)
kegiatan, antara lain: (1) identifikasi masalah kebijakan publik; (2) memilih masalah
yang dikaji; (3) pengumpulan informasi; (4) mengembangkan portofolio; (5)
penyajian portofiolio; (6) refleksi. Pelaksanaan pembelajaran melalui model project
citizen diharapkan dapat mengoptimalisasi kemampuan berpikir tinggi dengan
merujuk pada konteks pembelajaran abad 21.

Published
2019-01-31