PENERAPAN METODE ORTON GILLINGHAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUL ULUM BANJARMASIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Orton
Gilingham pada kegiatan membaca dan menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas
1 di MI Darul Ulum Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek dalam
penelitian ini adalah satu orang guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan seluruh siswa
kelas 1 yang berjumlah 12 orang siswa di MI Darul Ulum Banjarmasin. Teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data disajikan secara
deskriptif kualitatif dalam bentuk uraian-uraian dengan pengambilan keputusan secara
induktif. Penerapan metode Orton Gillingham pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas
1 MI Darul Ulum Banjarmasin telah terlaksana dengan baik, sedangkan faktor-faktor yang
mempengaruhi antara lain latar belakang pendidikan guru yang sesuai, minat dan perhatian
siswa, jam pelajaran, sarana dan fasilitas yang ada di sekolah.