PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN TANAH TINGGI 09 PAGI JAKARTA PUSAT

  • Indah Trismawanti SDN Tanah Tinggi 09 Pagi
Keywords: media pembelajaran, kemampuan menulis narasi

Abstract

Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan menulis narasi siswa kelas V. Penelitian
dilaksanakan di SDN Tanah Tinggi 09 Pagi dengan subyek penelitian siswa kelas V. Siswa
dibagi ke dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pelaksanaan penelitian dimulai setelah uji
coba alat ukur yang dilakukan untuk menguji kelayakan instrumen yang akan digunakan yaitu
kemampuan menulis narasi. Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan sebelum uji coba dan
pengumpulan data itu adalah penyusunan proposal, studi pustaka, dan peyusunan instrumen
penelitian. Sementara itu, kegiatan-kegiatan yang dilakukan setelah uji coba dan pengumpulan
data, pengujian hipotesis, penarikan kesimpulan, penjelasan implikasi dan penulisan laporan
penelitian.
Hasil yang diperoleh Berdasarkan tes kemampuan menulis narasi siswa yang diujikan
kepada 12 siswa yang diberi media pembelajaran audio visual, diperoleh skor maksimum 80,
skor minimum 62, skor rata-rata 71,83 standar deviasi 6,04. Dari skor maksimum dan
minimum tersebut, diperoleh rentangan skor 18, interval kelas 4 dan banyaknya kelas 5.
Sementara Berdasarkan kemampuan menulis narasi siswa yang diujikan kepada 12 siswa yang
diberi media pembelajaran slide gambar, diperoleh skor maksimum 77, skor minimum 58,
rata-rata hitung 68,25, standar deviasi 6,44, dan varians 41,48. Dari skor maksimum dan
minimum tersebut, diperoleh rentangan skor 19, interval kelas 4 dan banyaknya kelas 5.
Berdasarkan temuan hasil penelitian dan pembahasan kesimpulan di atas ternyata
penggunaan media pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan
menulis narasi siswa kelas V. Dengan demikian penelitian ini memberikan implikasi
terutama pada perencanaan dan pengembangan media pembelajaran yang akan
digunakan dalam meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa.

Published
2019-01-31