LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) IPA SEKOLAH DASAR BERORIENTASI LINGKUNGAN

  • Reny Kristyowati Universitas Negeri Jakarta
Keywords: lembar kerja peserta didik, berorientasi lingkungan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya mengembangkan LKPD berorientasi lingkungan pada mata pelajaran IPA yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran serta memungkinkan peserta didik untuk bekerja secara kolaborasi, berpikir kritis dan kreatif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur review (study literatur). Adapun hasil analisis dari menelaah beberapa jurnal diketahui bahwa respon guru dan peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan termasuk ke dalam kriteria sangat baik sehingga memiliki kualitas yang baik terhadap minat dan motivasi belajar peserta didik. Sedangkan dari hasil analisis lembar observasi sikap ilmiah dan keterampilan peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran, memiliki kriteria baik. Peserta didik dapat berpikir secara kritis dan kreatif dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan respon peserta didik dengan adanya LKPD berorientasi lingkungan rata-rata menunjukkan sikap positif. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKPD berorientasi lingkungan mendukung proses belajar IPA yang menarik dan menyenangkan. Ketertarikan peserta didik dimungkinkan karena LKPD berorientasi lingkungan secara tidak langsung menuntut peserta didik untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, LKPD yang berorientasi lingkungan memudahkan peserta didik untuk memahami materi pembelajaran karena peserta didik dilibatkan langsung dalam proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berorientasi lingkungan pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, membantu peserta didik bekerja secara kolaborasi serta memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.

Published
2019-01-31