PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA

  • Laila Munawaroh Universitas Negeri Jakarta
  • Pinta Deniyanti Sampoerno Universitas Negeri Jakarta
  • Yurniwati Yurniwati Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Kemampuan penalaran matematis, kemampuan pemahaman konsep matematika, kemampuan awal matematika, Problem Based Learning.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan penalaran matematis dan pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain faktorial 2 × 2 treatment by level. Analisis data dilakukan dengan mengguankan uji ANAVA 2 jalur dan uji lanjutan dengan uji-t, dengan hasil: 1) Kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi perlakuan dengan PBL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran saintifik, 2) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan penalaran matematis, 3) Kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi perlakuan PBL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran saintifik pada kelompok siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi, 4) Kemampuan penalaran matematis siswa yang diberi perlakuan PBL lebih tinggi atau sama dengan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran saintifik pada kelompok siswa dengan kemampuan awal matematika rendah, 5) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diberi perlakuan dengan PBL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran saintifik, 6) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika, 7) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diberi perlakuan PBL lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran saintifik pada kelompok siswa dengan kemampuan awal matematika tinggi, 8) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diberi perlakuan PBL lebih tinggi atau sama dengan siswa yang diberi perlakuan pembelajaran saintifik pada kelompok siswa dengan kemampuan awal matematika rendah.

Published
2019-01-31