HUBUNGAN KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI DENGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI, KECAMATAN CAKUNG, JAKARTA TIMUR

  • Thewed Neniati Handoyo Universitas Negeri Jakarta
Keywords: kepemimpinan, budaya organisasi, kompetensi profesional guru.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepemimpinan dan budaya organisasi dengan kompetensi profesional guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cakung Kota Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik koresional melalui pengujian hipotesis. Metode yang digunakan adalah metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru sekolah dasar negeri di wilayah Jakarta Timur dengan sampel penelitian yaitu 6 sekolah dasar negeri dengan jumlah guru sebanyak 90 orang. Guru yang dijadikan responden untuk uji coba sebanyak 30 orang (setiap sekolah dasar negeri diambil 5 orang guru). Sebanyak 72 orang guru dipilih sebagai responden penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner atau angket. Hasil dari penelitian yang diperoleh yaitu (1) Kepemimpinan berhubungan positif dengan kompetensi professional. Artinya kepemimpinan kepala sekolah yang tepat dan menjalankan semua prosedur memiliki hubungan dengan peningkatan kompetensi professional Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. (2) Budaya Organisasi berhubungan positif dengan kompetensi professional. Artinya, penerapan budaya organisasi secara maksimal memiliki hubungan dengan kompetensi professional Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. (3) Kepemimpinan dan budaya organisasi secara bersama-sama berhubungan positif dengan kompetensi professional. Artinya penerapan kepemimpinan kepala sekolah yang tepat dan penerapan budaya organisasi sesuai dengan aturan yang berlaku secara bersama-sama memiliki hubungan yang besar kepada kompetensi professional Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Published
2019-01-31