PENERAPAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V

  • Arrizal Wahyu Utama Universitas Negeri Jakarta
  • Zulela Zulela Universitas Negeri Jakarta
  • Etin Solihatin Universitas Negeri Jakarta
Keywords: brain based learning (BBL), kreativitas belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kreativitas belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Pusat pada pembelajaran IPS yang masih rendah yaitu 62,96% dari 10 siswa yang tidak tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada pembelajaran IPS melalui Penerapan Model Brain Based Learning (BBL). Penelitian ini menggunakan penelitian action reasearch tindakan kelas dengan dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik analisis data dan intrepretasi hasil analisis data. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Brain Based Learning (BBL) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata aktivitas siklus I adalah 63,27 kategori baik, meningkat 7,22 menjadi 70,49 pada siklus II kategori baik. Nilai rata-rata hasil belajar siklus I adalah 65,22 kategori baik, meningkat 9,78 menjadi 75 kategori sangat baik. Persentase ketuntasan hasil belajar siklus I adalah 74,07% kategori tinggi, kemudian meningkat 14,82% menjadi 88,89% pada siklus II kategori sangat tinggi.

Published
2019-01-31