PEMBELAJARAN ABAD 21 DI SEKOLAH DASAR

  • Lina Sugiyarti Universitas Negeri Jakarta
  • Alrahmat Arif Universitas Negeri Jakarta
  • Mursalin Mursalin Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Abad 21, 4C, GLS, literasi

Abstract

Menghadapi era digital abad 21, pemerintah telah menyiapkan
keterampilan hidup melalui reformasi pendidikan yang membawa perubahan baru dan
cara terbaik untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut. Adapun perubahannya yaitu
pendidikan bukan hanya untuk mempersiapkan keterampilan peserta didik agar siap
bersaing di dunia kerja melainkan juga pendidikan mampu membentuk kemampuan
berfikir tingkat tinggi dan karakter unggul peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah
membekali siswa dengan kemampuan bidang literasi ilmu dan peduli lingkungan yang
harus dikuasai siswa untuk menjawab tantangan kehidupan pada abad 21. Metode
penelitian ini adalah metode studi literatur yang mengkaji buku dan jurnal. Hasil
penelitian ini adalah siswa mampu memiliki SDM yang berorientasi pada kerja
pikiran dan ramah lingkungan. Kesimpulan penelitian ini adalah GLS adalah gerakan
partisipatif warga sekolah untuk mewujudkan sekolah literat melalui pembiasaan.
Implikasi yang dilakukan oleh guru dengan melakukan pembelajaran 4C, literasi
dengan multiliterasi dan GLS.

Published
2019-01-31