INOVASI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KOMITE SEKOLAH

  • Fadhillah Fadhillah Universitas Serambi Mekkah
  • Putry Julia Universitas Serambi Mekkah
  • Nurhattai Fuad Universitas Negeri Jakarta
  • Rugaiyah Rugaiyah Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Inovasi, Partisipasi Masyarakat, Kinerja Komite sekolah, system thinking.

Abstract

tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan model partisipasi yang dikembangkan berdasarkan mekanisme berpikir sistem oleh (Peter M. Senge, 1990). Pendekatan Kualitatif digunakan dalam penelitian ini, subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru, komite sekolah, orang tua siswa di lima Sekolah Dasar di Banda Aceh dan dosen dari Univeristas Serambi Mekkah yang dipilih secara random sebagai keterwakilan bagian dari masyarakat. Data dikumpulkan melalui wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dimulai dari data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan tiga permalahan mendasar yaitu (1) pengurus komite yang belum paham tentang peran, fungsi dan tugasnya sebagai komite sekolah, (2) kurangnya kemampuan sekolah menyusun program sekolah berdasarkan Evaluasi Mutu Internal Sekolah (EMIS). (3) Belum terjalinnya komunikasi yang tersistem antara sekolah, komite, dewan pendidikan dan masyarakat. Oleh karena itu, untuk memberikan kemudahan kepada sekolah, komite sekolah dan masyarakat penulis menawarkan satu model partisipasi masyarakat untuk meningkatkan mutu layanan pendidikan.

Published
2019-01-31