PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KOMPETENSI ABAD 21 UNTUK GURU MATEMATIKA (SMP/MTs) PADA MATERI PELUANG

  • SUSILAWATI SUSILAWATI Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • NURUL ANRIANI Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • AAN HENDRAYANA Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Bahan Ajar Matematika, Peluang, Kompetensi Abad 21

Abstract

Di abad ke 21 ini, pendidikan menjadi semakin penting untuk menjamin peserta didik memiliki keterampilan (life skills). Hal ini sesuai dengan tuntutan abad 21 dimana peserta didik harus memiliki kompetensi berpikir dan belajar. Kompetensi-kompetensi tersebut diantaranya adalah kompetensi komunikasi (communication), kolaborasi (collaboration), berpikir kritis dan memecahkan masalah (critical thinking and problem solving) kreatif dan inovatif (creativity and innovation). Dalam pesatnya perkembangan IPTEK menuntut berbagai perubahan mendasar termasuk perubahan penekanan dalam pembelajaran matematika. Salah satunya ditemukan adanya kebutuhan untuk mengembangkan suatu produk yang dapat mengoptimalkan kesiapan guru matematika dalam menggunakan bahan ajar matematika yang berbasis pada kompetensi abad 21. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan mengembangkan bahan ajar matematika berbasis kompetensi abad 21 untuk guru matematika SMP/MTs pada materi peluang. Bahan ajar materi Peluang yang disusun dengan menggunakan ilustrasi, gambar, atau masalah dalam konteks kehidupan sehari-hari (realistik). Bahan ajar yang dimaksud dalam penelitian ini berupa buku pedoman guru yang digunakan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, diharapkan siswa dapat menguasai materi, dan siswa dalam belajar merasa senang sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa khususnya dalam matematika.

Published
2019-01-31