PENGARUH KOMPETENSI DOSEN DAN BUKU AJAR TERHADAP PROSES BELAJAR MENGAJAR DI PROGRAM STUDI AKUNTANSI POLITEKNIK TEDC BANDUNG

  • Avid Inang Rum Politeknik TEDC Bandung
  • Dedy Suryadi Politeknik TEDC Bandung
Keywords: Kompetensi Dosen, Buku Ajar, Proses Belajar Mengajar

Abstract

Standar Nasional Pendidikan Tinggi bertujuan: 1) Menjamin tercapainya tujuan pendidikan tinggi, 2) Menjamin agar pembelajaran program studi, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat, yang diselenggarakan perguruan tinggi mencapai mutu sesuai dengan kriteria Standar Nasional Pendidikan Tinggi; 3) Mendorong agar perguruan tinggi mencapai mutu Proses Belajar Mengajar. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, verifikatif dengan pendekatan kuantitatif, yaitu Kompetensi Dosen (X1) dan Buku Ajar (X2) sebagai variabel bebas dan Proses Belajar Mengajar (Y) variabel terikat. Uji statistik dilakukan dengan mengolah data dari hasil kuisioner dengan populasi yang diteliti adalah mahasiswa dan dosen Program Studi Akuntansi dengan sampel 69 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Kompetensi Dosen (X1) dan Buku Ajar (X2) terhadap Proses Belajar Mengajar(Y). Secara simultan diuji dengan Uji F. Pengujian dilakukan dengan membandingkan Fhitung dengan Ftabel, dengan tingkat signifikansi 0,05. Karena nilai Fhitung sebesar 111,090 > Ftabel 3,150 dengan angka signifikansi sebesar 0,014 < 0,05, jadi dapat disimpulkan bahwa secara simultan Kompetensi Dosen dan Buku Ajar berpengaruh positif dan
signifikan terhadap Proses Belajar Mengajar.

Published
2019-01-31