PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA INTENSIF DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED (KWL) DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 44 PADANG MARDANIKECAMATAN LUBUK BASUNG KABUPATEN AGAM

  • Melisa F Padang
  • Ratna Aswati Padang
Keywords: Strategi Know-Want To Know-Learned (KWL), Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses keterampilan membaca intensif siswa dengan menggunakan strategi KWL pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 44 Padang Mardani. Membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh siswa SD. Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa kemampuan membaca intensif siswa kelas III SD N Padang Mardani rendah. Penyebabnya adalah guru kurang efektif dalam memilih dan menerapkan strategi yang tepat dalam pembelajaran membaca intensif. Penggunaan strategi KWL merupakan salah satu strategi yang tepat untuk memberikan solusi yang tepat dalam pembelajaran membaca intensif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan yang dilaksanakan dalam dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi: studi pendahuluan, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Peneliti dalam penelitian ini bertindak sebagai guru atau praktisi dan berkolaborasi dengan kolaborator. Instrumen pengumpulan data adalah lembaran observasi dan catatan lapangan. Data tersebut didukung dengan foto-foto dan hasil tes objektif siswa. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi KWL dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan membaca intensif. Penggunaan strategi KWL dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap prabaca, tahap saat baca, dan tahap pascabaca. Pada tahap prabaca pembelajaran difokuskan untuk melatih kemampuan siswa mengingat kembali pengalaman berkaitan dengan topik bacaan. Kegiatan siswa meliputi: mengungkapkan pengalaman dan menjawab pertanyaan.

Published
2019-01-31