PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

  • Lovika Ardana Riswari Universitas Muria Kudus
  • Diana Ermawati Universitas Muria Kudus
Keywords: Problem Based Learning; Metode Demonstrasi; Kemampuan Pemecahan Masalah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SD antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran problem based learning dengan metode demonstrasi dan yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran problem based learning tanpa metode demonstrasi. Rancangan penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Gugus Diponegoro, sebanyak 136 siswa. sampelnya sebanyak 60 siswa, yang terdiri dari kelas IV SD 1 Kajeksan sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD 2 Demaan sebagai kelompok control. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan  teknik tes yang berupa soal essay. Data dianalisis dengan statistic uji-t. Hasil pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 58, diperoleh ttabel = 1,672 dan thitung = 3,801. Dengan demikian thitung (3,801) > ttabel (1,672) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran problem based learning dengan metode demonstrasi dan yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran problem based learning tanpa metode demonstrasi. Hal ini juga oleh hasil N-Gain = 0,59 dalam kategori sedang dan  pretest-posttest kemampuan pemecahan masalah yang menggunakan model PBL dengan metode demonstrasi diperoleh t = 7,667. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dengan metode demonstrasi berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Gugus Diponegoro.

Published
2020-10-23