IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS STEAM DI SEKOLAH DASAR

  • Ninit Permata Sari Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pembelajaran Matematika Realistik, STEAM

Abstract

 Menghadapi peserta didik yang tumbuh dalam era teknologi dan globalisasi, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi suatu keharusan. Hal ini menuntut berbagai pihak untuk dapat mengembangkan kemampuan dibidang teknologi. Dalam bidang pendidikan, salah satu terobosan dalam bidang pendidikan di Indonesia adalah STEAM. STEAM sebagai sebuah pendekatan pembelajaran yang merupakan sarana bagi peserta didik untuk menciptakan ide/ gagasan berbasis sains,teknologi,dan seni melalui kegiatan berpikir dan bereksplorasi dalam memecahkan masalah berdasarkan pada lima disiplin ilmu yang terintegrasi. Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis STEAM serta bagaimana contohnya. diharapkan dapat meningkatkan kemampuan baik dalam aspek kognitif, afektif maupun psikomotor peserta didik dalam menghadapai perkembangan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan manfaat pengetahuan terkait pembelajaran matematika realistic berbasis STEAM di sekolah dasar, baik bagi guru maupun peserta didik.

Published
2020-10-25