HUBUNGAN EFIKASI DIRI LITERASI INFORMASI TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

  • Fera Fazriani Nurafifah Universitas Negeri Jakarta
  • Ajat Sudrajat Universitas Negeri Jakarta
  • Ajat Sudrajat Universitas Negeri Jakarta
  • Zarina Akbar Universitas Negeri Jakarta
  • Arrofa Acesta Universitas Kuningan
  • Marlina Eliyanti Universitas Kuningan
Keywords: efikasi diri literasi informasi, prestasi akademik

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan efikasi diri literasi informasi dan prestasi akademik pada mahasiswa Universitas Kuningan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis product moment. Populasi sebanyak 110 mahasiswa dengan sampel berjumlah 49 mahasiswa, diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri literasi informasi dan dokumentasi nilai IPK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara efikasi diri literasi informasi dengan motivasi akademik mahasiswa dengan nilai korelasi rxy hitung =  0,469 > rtabel =  0,281 pada taraf signifikan 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri literasi informasi dengan prestasi akademik mahasiswa Universitas Kuningan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) tahun 2019, artinya semakin tinggi efikasi diri literasi informasi maka semakin tinggi pula prestasi akademik mahasiswa.

Published
2020-10-25