PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN IPS SD

  • Lia Dwi Novita14 Universitas Negeri Jakarta
  • Sarkadi Universitas Negeri Jakarta
  • Arifin Maksum Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Group Investigation, Berpikir Kritis, Pembelajaran IPS.

Abstract

Perkembangan di abad 21 ini menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis akan membantu siswa dalam menghadapi tuntutan zaman di abad 21 ini. Selain itu, dalam penerapan pembelajaran IPS juga menuntut siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis yang akan bermanfaat bagi siswa dalam memecahkan masalah sosial yang dihadapi baik saat dalam pembelajaran maupun dalam lingkungan masyarakat. Untuk itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang tepat sebagai wadah dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi literatur untuk mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui group investigation dalam pembelajaran IPS di SD. Ada lima tahapan dalam penelitian ini, yaitu: a) mereview istilah-istilah penting dalam penelitian yang didapat dari beberapa literatur ilmiah; b) mengumpulkan literatur ilmiah yang relevan; c) menyusun pembahasan yang diperoleh dari hasil analisis secara mendalam terhadap semua literatur; d) menyusun kesimpulan yang didapat dari proses analisis; dan e)  mengajukan saran-saran yang sesuai dengan hasil temuan. Kesimpulan yang didapat menyatakan bahwa penerapan group investigation memiliki kecenderungann dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS.

Published
2020-10-25