PERMAINAN LEMPAR GELANG MENGGUNAKAN MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

  • Nila Mustika Arum Universitas Muria Kudus
  • Siti Masfuah Universitas Muria Kudus
  • Khamdun Universitas Muria Kudus
Keywords: pemahaman konsep, model STAD, permainan lempar gelang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permainan lempar gelang dengan menggunakan model STAD dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa sekolah dasar kelas V SDN Pati Wetan 03 muatan IPA dan Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan ini dilakukan di kelas V SDN Pati Wetan 03 dengan subjek penelitian 28 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi untuk mengamati jalannya penelitian dan kegiatan pra siklus, wawancara untuk mencari data awal kegiatan prasiklus, dan tes untuk mengukur pemahaman konsep siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data, pemahaman konsep siswa pada siklus I sebesar 73,4 dan meningkat pada siklus II menjadi 80,6, sedangkan hasil tiap indikator yaitu (1) menyatakan ulang sebuah konsep dengan skor 75 meningkat menjadi 85,3, (2)  mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu dengan skor 73,2 meningkat menjadi 80,8, (3) memberi contoh dan bukan contoh dengan skor 83,5 meningkat menjadi 85,3, (4) menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis dengan skor 72,8 meningkat menjadi 79,01, (5) mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep dengan skor 77,7 menurun menjadi 77,2, (6) menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur tertentu dengan skor 69,6 meningkat menjadi 78,1, (7)  mengaplikasikan konsep dengan skor 62,5 meningkat menjadi 79,01. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan lempar gelang menggunakan model STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas V SDN Pati Wetan 03.

Published
2020-10-25