PROFIL KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (STUDI KASUS DI SEKOLAH DASAR SWASTA ADIK IRMA KECAMATAN TEBET)

  • Desi Widiyati Universitas Negeri Jakarta
  • M. Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta
  • Ika Lestari Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Literasi sains, IPA, kemampuan literasi sains.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan awal literasi sains pada peserta didik berdasarkan 3 aspek literasi yakni, konten, proses, dan konteks. Studi ini merupakan bagian dari studi pengembangan literasi sains peserta didik di sekolah dasar. Penelitian menggunakan jenis penelitian survei dengan pendekatan deskriptif kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 26 peserta didik di sekolah dasar. Kemampuan literasi sains peserta didik diukur dengan menggunakan kuesioner. Data penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian kemampuan literasi sains masih rendah dalam pembelajaran IPA dengan interprestasi pencapaian antara lain: 45% untuk aspek konten, 52% untuk aspek proses, dan 48% untuk aspek konteks sains.

Published
2020-10-25