VLOG DALAM PEMBELAJARAN IPS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SEKOLAH DASAR

  • Gita Auliya Firdaus Universitas Negeri Jakarta
  • Robinson Situmorang Universitas Negeri Jakarta
  • Zarina Akbar Universitas Negeri Jakarta
Keywords: vlog, IPS, kepercayaan diri

Abstract

Pembelajaran IPS seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang membosankan bagi sebagian siswa. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang kurang tepat. Pengunaan media pembelajaran video blog atau biasa disebut dengan vlog, menjadi salah satu cara yang menarik minat siswa dalam belajar. Mengingat pada era global saat ini seluruh siswa telah mahir menggunakan media elektronik. Vlog merupakan media pembelajaran berbasis video yang memiliki karakteristik media yang menampilkan gambar bergerak disertai dengan audio. Penelitian ini menyajikan hasil analisis literatur mengenai penerapan media vlog dalam pembelajaran IPS serta kaitannya dengan kepercayaan diri siswa. Kajian dilakukan pada artikel terkait media vlog dalam pembelajaran serta kepercayaan diri siswa khususnya di sekolah dasar. Beberapa artikel menyimpulkan bahwa dengan penggunaan media vlog selama pembelajaran IPS dapat meningkatkan minat belajar bahkan hasil belajar siswa. Adapun beberapa artikel yang menyimpulkan dalam penelitiannya yang membuktikan bahwa media vlog berkaitan dengan kepercayaan diri.

Published
2020-10-25