EVALUASI PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI GERANTUNG LOMBOK TENGAH

  • Ni Luh Putu Gopi Janawati Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pendidikan Inklusi, Evaluasi Program, CIPP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan inklusi di Sekolah Dasar Negeri Gerantung, Lombok Tengah dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif model CIPP (Context, Input, Process, Product). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan subyek penelitian adalah kepala sekolah dan guru. Hasil Penelitian pada evaluasi konteks menunjukkan bahwa sekolah melaksanakan program pendidikan inklusi sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah atas dasar hukum yang jelas dan tujuan program sesuai dengan latar belakang pelaksanaan program. Hasil evaluasi masukan menunjukkan bahwa terdapat siswa berkebutuhan khusus sesuai dengan kriteria anak berkebutuhan di sekolah inklusi. GPK tidak melakukan pendampingan dan koordinasi dengan guru kelas. Tidak adanya modifikasi terhadap kurikulum yang digunakan bagi siswa berkebutuhan khusus dan sarana parasarana yang tersedia tidak dimanfaatkan dengan baik.. Hasil evaluasi proses menunjukkan bahwa guru menggunakan RPP yang sama dengan menggunakan pendekatan dan strategi pembelajaran yang dapat diterima oleh semua siswa. Hasil evaluasi produk menunjukkan bahwa prestasi akademik siswa berkebutuhan khusus teringgal dengan siswa reguler sedangkan secara prestasi non akademik siswa berkebutuhan khusus dapat bersaing dengan siswa reguler dan siswa berkebutuhan khusus dapat diterima dengan baik di lingkungan sosialnya.

Published
2020-10-26