PERAN BIMBINGAN ORANG TUA DALAM KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pentingnya melatih kemandirian anak , adalah faktor penting dalam tumbuh kembang anak. salah satunya adalah kemandirian. Anak yang memiliki kemandirian dalam kegiatan belajar terlihat aktif, memiliki ketekunan dan inisiatif dalam mengerjakan tugas-tugas, menguasai strategi-strategi dalam belajar, memiliki tanggung jawab, mampu mengatur perilaku dan kognisinya serta memiliki kayakinan diri. Peran orang tua dalam kemandirian belajar anak merupakan proses paling penting dalam mengarahkan, membimbing, membantu dan menyediakan fasilitas anak agar anak mampu membentuk kepribadian mandiri belajar dan meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran bimbingan orang tua dalam memotivasi anak agar mampu berprestasi di sekolah dan mendeskripsikan peran bimbingan orang tua dalam perkembangan sosial anak..Berdasarkan hasil penelitian ini mengemukakan bahwa (1) Peran bimbingan orang tua memotivasi anak agar dapat berprestasi di sekolah, yang meliputi antara lain: (a) menumbuhkan kebiasaan belajar dan (b) pemberian penghargaan bagi anak yang perprestasi dan sanksi bagi anak yang melanggar peraturan sudah dilaksanakan sebagaimana peran bimbingan orang tua. (2) Peran bimbingan orang tua dalam pekembangan sosial anak, yang meliputi antara lain: (a) keadaan sosial ekonomi keluarga (b) keutuhan keluarga dan (c) sikap dan kebiasaan orang tua, yaitu sosial ekonomi yang rendah tidak begitu berpengaruh dalam perkembangan sosial anak, hal tersebut karena adanya faktor lain yaitu keutuhan keluarga dan sifat serta kebiasaan orang tua yang menanamkan nilai-nilai baik yang menjadi rambu-rambu anak dalam perkembangan sosialnya.