PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

  • Hardianti Nur Fajri Universitas Negeri Jakarta
  • Agung Purwanto Universitas Negeri Jakarta
  • Erry Utomo Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Problem Based Learning, Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji literatur mengenai pentingnya penerapan problem based learning dalam meningatkan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis, termasuk dalam indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS), sehingga kemampuan berprikir kritis perlu diajarkan pada  peserta didik agar mereka mampu untuk memecahkan berbagai permasalahan baik yang terkait dengan pembelajaran maupun dunia nyata. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan buku-buku dan jurnal-jurnal hasil penelitian sebelumnya yang masih terkait. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis dengan pengutipan pendapat-pendapat yang sesuai. Hasil dari kajian literatur ini menunjukan bahwa penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Published
2020-10-26