PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

  • Esti Mutia Hayati Universitas Negeri Jakarta
  • Agung Purwanto Universitas Negeri Jakarta
  • Dede Rahmat Hidayat Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajarann Think Pair and Share (TPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Dalam penyusunan artikel ini penulis menggunakan metode studi pustaka yaitu dengan menggunakan penelitian metode studi pustaka. Penulisan ini dilatarbelakangi oleh siswa yang harus memiliki kemampuan berpikir kritis sesuai dengan frame work mengenai pembelajaran abad 21 sejak sekolah dasar. Model yang dipilih untuk memecahkan permasalahan tersebut yakni model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah dengan studi kepustakaan mengumpulkan data atau karya ilmiah yang bertujuan dengan obyek penelitian atau mengumpulkan data yang bersifat kepustakaan. Hasil penulisan menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) memiliki ciri khusus yakni pairing yaitu berdiskusi berpasangan. Siswa lebih memiliki banyak waktu untuk berpikir, merespon dan saling membantu satu sama lain. Model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

Published
2020-10-26