PENGARUH MODEL PBL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

  • Revalusiana Trijaya Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif, Model PBL

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengumpulkan beberapa jurnal yang terkait. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kreatif siswa yang masih belum optimal, yang dikarenakan kurangnya penggunaan model pembelajaran, dan kurangnya pengalaman siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model PBL merupakan suatu model yang mengharuskan siswa untuk belajar dengan cara memecahkan masalah yang ada di kehidupan sehari-hari, sehingga siswa dapat lebih terampil dan lebih bisa berpikir kreatif untuk memecahkan suatu masalah dan menemukan jawaban yang lebih mudah. Pada salah satu tahapan model PBL, siswa diminta untuk berpikir dan bekerja secara mandiri terlebih dahulu, kemudian setelah siswa mendapatkan jawaban, siswa dibimbing oleh guru untuk melakukan penyelidikan, sehingga pada tahapan ini siswa dapat belajar dari permasalahan yang telah diberikan oleh guru, dan pada tahapan ini juga yang dapat memberikan kontribusi terbesar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Sehingga dari beberapa jurnal yang telah dianalisis menunjukkan hasil yang hampir sama bahwa terdapat pengaruh yang cukup baik dalam penggunaan model PBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yang ditinjau dari kemandirian belajar siswa itu sendiri.

Published
2020-10-26