PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP SINGKAWANG

  • Rizqi Alghofiqi Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Kemandirian belajar, Gaya Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemandiran belajar dan gaya kognitif terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), data diperoleh dari berbagai sumber yang berhubungan dengan hal-hal yang diteliti, berupa buku dan literatur-literatur yang berkaitan  dengan  penelitian  ini baik itu dari jurnal nasional maupun jurnal internasional. Data  yang  dikumpulkan  berupa  data  primer  dan  data sekunder serta dianalisis  secara kualitatif. Data disajikan secara deskripstif dengan menjelaskan dan mengumpulkan permasalahan-permasalahan yang terkait dengan judul penelitian. Berdasarkan hasil pembahasan  kemudian  diambil  kesimpulan  sebagai  jawaban terhadap permasalahan yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kemandirian belajar dan gaya kognitif terhadap hasil belajar IPS siswa.

Published
2020-10-26