PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA SMP SINGKAWANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemandiran belajar dan gaya kognitif terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), data diperoleh dari berbagai sumber yang berhubungan dengan hal-hal yang diteliti, berupa buku dan literatur-literatur yang berkaitan dengan penelitian ini baik itu dari jurnal nasional maupun jurnal internasional. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder serta dianalisis secara kualitatif. Data disajikan secara deskripstif dengan menjelaskan dan mengumpulkan permasalahan-permasalahan yang terkait dengan judul penelitian. Berdasarkan hasil pembahasan kemudian diambil kesimpulan sebagai jawaban terhadap permasalahan yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara kemandirian belajar dan gaya kognitif terhadap hasil belajar IPS siswa.