MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATERI FPB DAN KPK MELALUI PEMANFAATAN KELOMPOK BELAJAR SISWA KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH AT-TAQWA PINANG TAHUN AJARAN 2017/2018

  • Masni Madrasah Ibtidaiyah At-Taqwa Pinang
  • Yudi Juniardi Universistas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Irmawanty Universitas Negeri Jakarta
Keywords: kerja kelompok, pembelajaran matematikan, hasil belajar, penelitian tindakan, keaktifan siswa dalam belajar

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan, dengan tujuan penelitian untuk mengetahui proses peningkatan hasil belajar dengan menggunakan teknik kelompok belajar dalam memahami meteri FPB dan KPK siswa kelas enam Madrasah ibtidaiyah At-Taqwa Pinang Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan memberikan perlakukan terhadap siswa melalui tekni belajar berkelompok. Dari hasil penelitian didapat data bahwa keaktifan siswa dalam belajar matematika dengan 56, 20 siswa aktif dan peningkatan kemampuan siswa dalam matematika sebesar 43,75 di silus I dan 81,25 di siklus II. Dapat disimpulkan bahwa siswa aktif dalam belajar matematika pada poko bahasan FPB dan KPK dan kemampuan siswa meningkat sebesar 37,50. Teknik kelompok belajar dapat digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. 

Published
2020-11-23