MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN DENAH MELALUI METODE PENUGASAN PADA SISWA KELAS 5 IBTIDAIYAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Penugasan dapat menngkatkan pemahaman pembelajaran denah pada siswa kelas 5 Ibtidaiyah Kota Tangerang. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa ibtidaiyah kelas 5 Attakwa Kota Tangerang. Metodepenelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian Tindakan kelas melalui dua siklus. Data diperoleh melalui, observasi, wawancara, dan dokumentasi tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pertama, Teknik penugasan dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran Denah di kelas V Ibtidaiyah Attakwa, hal ini terlihat dari adanya pemingkatan skor siswa setelah mendapatkan Tindakan kelas di siklus satu dan dua. Kedua, teknik pemberian tugas meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran hal ini terlihat dari peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Terakhir, teknik pemberian tugas dapat dijadikan salah satu Teknik alternative dalam pembelajaran denah.