EFEKTIFITAS PENGGUNAAN KARTU JAKARTA PINTAR PLUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI KOTA ADMINISTRASI JAKARTA TIMUR

  • Trisni Handayani Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Kusmajid Abdullah Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Yunita Sari Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Vitalis Nagul Sekolah Dasar Swasta Ignatius Slamet Riyadi 1
Keywords: Kartu Jakarta Pintar Plus, sekolah dasar, Biaya pendidikan, Kebijakan

Abstract

Warga DKI Jakarta kini bisa berbahagia menikmati pendidikan. Hal ini dikarenakan pemerintah setempat memberikan kesempatan kepada warganya yang tidak mampu untuk mengenyam pendidikan. Kebijakan pemberian dana bantuan biaya personal pendidikan atau disebut dengan program Kartu Jakarta Pintar Plus (KJP Plus), memberikan akses kemudahan pemerataan pendidikan khususnya diwilayah DKI Jakarta. Namun masih banyak penyalahgunaan KJP Plus yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Sehingga peruntukan KJP Plus menjadi kurang tepat. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan KJP Plus di Sekolah Dasar Negeri  kecamatan Ciracas Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus terfokus. Informan data terpilih secara acak terdiri dari kepala sekolah, guru dan operator, serta orang tua siswa. Data dianalisis menggunakan metode triangulasi sumber, triangulasi teknik, sedangkan analisis data menggunakan reduksi, data display, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan KJP Plus di Sekolah Dasar Negeri kecamatan Ciracas Jakarta Timur belum efektif, karena berdasarkan hasil analisis data bahwa penggunaan KJP Plus kurang tepat sasaran bukan pada mereka yang bernar-benar membutuhkan biaya pendidikan. Masih banyak penerima KJP Plus merupakan keluarga yang berkecukupan dari segi penghasilan. Untuk itu perlu adanya penelitian lanjutan guna perumusan kebijakan dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui KJP Plus.

Published
2021-02-05