IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SD MUHAMMADIYAH 24 JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah 24 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan dua guru. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, transferabilitas, depandabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, implementasi pendidikan karakter melalui budaya sekolah di SD Muhammadiyah 24 Jakarta, menggunakan strategi kegiatan rutin, spontan, terprogram, dan pengkondisian. Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam budaya sekolah, seperti religius, menghortmati guru, toleransi, tanggung jawab, disiplin, cinta tanah air, peduli sosial, gemar membaca dan peduli lingkungan.