PERBEDAAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEARNING CYCLE 7E DAN LEARNING CYCLE 5E PADA PEMBELAJARAN IPA

  • Fajar Yumanhadi Aripin Universitas Negeri Jakarta
  • Ucu Cahyana Universitas Negeri Jakarta
  • Muchlas Suseno Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), Learning Cycle 7E, Learning Cycle 5E

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pada Keterampilan Berpikir tingkat Tinggi (HOTS) antara siswa yang diberi perlakuan dengan Metode Learning Cycle 7E Dan Metode Learning Cycle 5E. Metode yang digunakan pada Penelitian ini adalah Eksperimen dengan metode quasi experimental designs dalam bentuk Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan bertempat di SDN Gandaria 3 Kab. Tangerang pada kelas V. Jenis pengambilan sampel yang digunakan adalah Non probability sampling dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Hasil Uji hipotesis menggunakan uji-t, didapat thitung 2,822 > ttabel (0,05) 2,007 dan thitung 2,822 > ttabel (0,05) 2,675 maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) siswa kelas V. Hal ini di karenakan setiap komponen dan tahapan pembelajaran Metode Learning Cycle 7E memfasilitasi siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir siswa.

Published
2019-01-31