GAMBARAN PERKEMBANGAN BERBAHASA PADA ANAK DENGAN KETERLAMBATAN BICARA (SPEECH DELAY) : STUDY KASUS PADA ANAK USIA 9 TAHUN KELAS 3 SD DI SDS BANGUN MANDIRI

  • Fitriyani Fitriyani Universitas Negeri Jakarta
  • Mohamad Syarif Sumantri Universitas Negeri Jakarta
  • Asep Supena Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Gangguan bicara dan bahasa, Program Intervensi, Perkembangan sosio emosional

Abstract

Studi kasus ini dilakukan untuk mengetahui gambaran perkembangan bahasa pada anak dengan keterlambatan bicara (delay speech), mulai dari deteksi awal mengalami gangguan bahasa dan bicara, program intervensi, perkembangan akademik di sekolah dan perkembangan sosio emosional nya serta faktor-faktor yang menyertai anak yang mengalami gangguan bicara dan bahasa (speech delay). Penelitian ini didasarkan pada pengamatan dari seorang anak yang berusia 9 tahun, yang dilakukan tahun 2018 dengan pengumpulan data awal sejak tahun 2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara dan studi dokumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perkembangan anak dengan masalah keterlambatan bicara dan bahasa (speech delay), dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik serta perilaku sosio emosionalnya.

Published
2019-01-31