TELAAH KURIKULUM DAN SISTEM PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR DI FINLANDIA SERTA PERSAMAAN DAN PERBEDAANNYA DENGAN KURIKULUM 2013 DI INDONESIA

  • Lu’luil Maknun Universitas Negeri Jakarta
  • Ahmad Royani UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: Kurikulum, Finlandia, Kurikulum 2013, Sekolah Dasar

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui telaah dan analisis kurikulum Sekolah Dasar di Finlandia sebagai negara yang memiliki reputasi pendidikan terbaik di dunia menurut PISA dan membandingkannya dengan kurikulum Sekolah Dasar di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskirptif. Sumber data adalah dokumen kurikulum kementrian pendidikan Finlandia dan literasi terkait kurikulum 2013 di Indonesia. Implikasi dari kajian ini adalah untuk menemukan persamaan dan perbedaan kurikulum Sekolah Dasar di Finlandia dan di Indonesia dan merekomendasikan hal baik apa yang mungkin dapat diterapkan di Indonesia berdasarkan hasil perbandingan tersebut. Kegunaan penelitian bagi dosen LPTK, guru Sekolah Dasar, mahasiswa PGSD/PGMI adalah untuk mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan kurikulum Sekolah Dasar di Finlandia untuk menjadi acuan praktik pelaksanaan pendidikan pada jenjang Sekolah Dasar di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan dari enam kriteria kurilukum, diperoleh gambaran umum tentang tujuan, isi atau materi, metode atau strategi, media, proses pembelajaran dan penilaian di kedua negara. Hasil kajian literatur tersebut kemudian di interpretasikan kembali untuk mendapatkan implikasi dan merekomendasikan hal yang dapat diterapkan pada Sekolah Dasar di Indonesia.

Published
2019-01-31