PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERMAIN DAN PERMAINAN ANAK USIA DINI UNTUK GURU TK PEMBINA 1 PALEMBANG

  • Hasmalena Hasmalena Universitas Sriwijaya
  • Yosef Yosef Universitas Sriwijaya
  • Mahyumi Rantina Universitas Sriwijaya
Keywords: Buku Panduan, Bermain dan Permainan, Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa
Pengembangan Bahan Ajar Bermain dan Permainan Anak Usia Dini untuk Guru
TK Pembina 1 Palembang. Penelitian ini menggunakan penelitian dan
pengembangan atau “research and development†(R & D) dari Rowntree. Uji coba
produk dilakukan oleh dua orang ahli yaitu ahli materi dan ahli desain media
dengan kategori valid dengan persentase kelayakan berturut-turut 69,85 dan 70%
sehingga produk layak untuk dilanjutkan pada uji coba skala kecil. Uji coba
kelompok kecil dilakukan pada responden yang berjumlah sepuluh orang guru
PAUD. selanjutnya untuk mengetahui pemahaman penilaian guru PAUD
dilakukan evaluasi dengan cara pretest dan postest. Rata-rata nilai pretest yang
didapatkan sebesar 45%, sedangkan rata-rata nilai postest sebesar 80% dengan
keefektifan berdasarkan rumus n-gain sebesar 0,69 berada pada kategori sedang.
Pada uji coba kelompok besar, didapat rata-rata nilai pretest responden sebesar 42%,
dan rata-rata nilai postest sebesar 83% dengan tingkat keefetifan sebesar 0,69 dengan
kategori sedang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Bahan Ajar
Bermain dan Permainan Anak Usia Dini untuk Guru TK Pembina 1 Palembang
sebagai pedoman dalam melaksanakan dan merancang permainan untuk anak usia
dini.

Published
2019-01-31