PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PAUD
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman
mengajar dan motivasi kerja terhadap keterampilan mengajar guru PAUD di Kota
Kendari, Sulawesi Tenggara. Penelitian ini dilakukan pada 80 guru RA (Raudhatul
Atfhal) di kota Kendari dengan menggunakan kuesioner dan lembar observasi.
Penelitian ini menggunakan metode ex post facto treatment by level 2x2. Data
dianalisis dengan analisis deskriptif, analisis uji persyaratan dan analisis
inferensial (ANAVA) dan uji Tukey. Hasil penelitian menujukkan adanya
pengaruh antara pengalaman mengajar terhadap keterampilan mengajar guru
RA/PAUD, namun tidak ada interaksi antara pengalaman mengajar, motivasi
kerja dan keterampilan mengajar guru.RA/PAUD, keterampilan mengajar guru
dengan pengalaman mengajar >5 tahun yang bermotivasi tinggi lebih tinggi dari
pada guru dengan pengalaman mengajar <5 tahun yang bermotivasi tinggi, dan
keterampilan mengajar guru dengan pengalaman mengajar >5 tahun yang
bermotivasi rendah lebih tinggi dari pada guru dengan pengalaman mengajar <5
tahun yang bermotivasi rendah