PENGEMBANGAN GAME INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

  • Yohana Clara Universitas Negeri Jakarta
  • Yetti Supriyati Universitas Negeri Jakarta
  • Robin Situmorang Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yang dilihat
dari hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SD, penelitian ini
dilakukan di sekolah dasar Widya Bhakti Bekasi melalui pengembangan game interaktif.
Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan dengan menggunakan model
Dick and Carey yang terdiri dari sepuluh tahap yaitu, analisis kebutuhan dan tujuan,
melakukan analisis instruksional, analisis pembelajar dan konteks, merumuskan tujuan
performasi, mengembangkan instrumen, mengembangkan strategi indtruksional,
mengembangkan dan memilih material instruksional, merancang dan melakukan evaluasi
formatif, melakukan revisi instruksional, dan merancang dan melaksakan evaluasi sumatif.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Widya Bhakti. Hasil penelitian
menunjukan adanya peningkatan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil
belajar siswa pada pretest yaitu 65,2 dan setelah menggunakan game interaktif nilai rata-rata
siswa menjadi 76,9 Hal ini menunjukkan kenaikan yang signifikan pada hasil belajar siswa.
Implikasi dari penelitian ini adalah game interaktif pada pembelajaran tematik dapat
digunakan sebagai interaktif dalam pebelaharan bagi guru dan siswa. Pada Hasil penelitian
ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa melalui game interatif.

Published
2019-01-31