PENINGKATAN PENGETAHUAN GENDER ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI “PROJECT METHOD”

  • Eunike Milasari Listyaningrum Universitas Negeri Jakarta
  • Fahrurrozi Fahrurrozi Universitas Negeri Jakarta
  • R. Sri Martini Meilani Universitas Negeri Jakarta
Keywords: pengetahuan gender, project method, penelitian tindakan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk proses dan hasil belajar melalui project method
dalam meningkatkan pengetahuan gender anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan di TK
Benih Kasih Terpadu pada bulan Agustus 2018. Subjek penelitian adalah kelompok B
sebanyak 11 siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan. Prosedur
penelitian terdiri dari : perencanaan, tindakan dan observasi, refleksi. Penelitian dilakukan
dalam 16 pertemuan dan dibagi menjadi dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui tes, observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Pre-action
dilakukan untuk menentukan presentase pengetahuan gender sebesar 51,51%, meningkat
menjadi 65,15% setelah siklus pertama, dan meningkat menjadi 81,96% setelah siklus
kedua. Pengetahuan gender dapat dikembangkan melalui project method dikarenakan anakanak dapat memahami pengetahuan secara logis, konkret, dan aktif.

Published
2019-01-31