PENINGKATAN DISIPLIN MELALUI PAPAN REWARD DI TK BUDI MULIA DUA BINTARO KOTA TANGERANG SELATAN

  • Eva Santy Universitas Negeri Jakarta
  • Zarina Akbar Universitas Negeri Jakarta
  • Elindra Yetti Universitas Negeri Jakarta
Keywords: disiplin, papan reward, penelitian tindakan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil belajar melalui
papan reward dalam meningkatkan disiplin anak di TK Budi Mulia Dua Bintaro tahun 2018
Kota Tangerang Selatan pada bulan September 2018. Subjek penelitian adalah kelompok A
sebanyak 18 siswa menggunakan metode penelitian tindakan. Prosedur dibagi menjadi dua
siklus. Tehnik pengumpulan data melalui tes, observasi, wawancara dan studi dokumentasi.
Tehnik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan
kualitatif. Pra Siklus dilakukan untuk menentukan persentase displin sebesar 26,81%
meningkat menjadi 56,66% setelah siklus pertama, dan meningkat menjadi 87,5% setelah
siklus kedua. Disiplin anak dapat ditingkatkan melalui papan reward, dimana melalui papan
reward selain menarik dapat memotivasi anak serta meningkatkan semangat dalam belajar.

Published
2019-01-31